Tempat Wisata di Lombok Tengah Yang Mempesona Dengan Budaya Unik

Tempat Wisata di Lombok Tengah – Pulau Lombok menyimpan banyak sekali pesona Wisata yang menarik mulai dari keindahan alam sampai dengan Wisata budaya dan tradisi yang unik, Wisata pulau Lombok selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan dan selalu menjadi incaran wisatawan karena keindahan yang disugukan.

Pulau Lombok ini memiliki 4 kabupaten, yaitu kabupaten Lombok tengah, kabupaten Lombok timur, kabupaten Lombok utara, dan kabupaten Lombok barat. Sekarang silahkan Anda simak mengenai tempat Wisata di Lombok tengah yang menyuguhkan pesona alam dan budaya yang unik, yang bisa buat liburan Lombok Anda semakin berkesan. Ini dia 2 tempat Wisata di Lombok tengah yang menyuguhkan pesona alam dan budaya yang unik.

1. Pantai Kuta Lombok

tempat wisata di lombok tengah
Pict by pantainesia.com

Seperti yang Anda ketahui, pantai kuta tak hanya ada di Bali, namun di pulau Lombok juga terdapat pantai kuta yang tak kalah indahnya dengan pantai kuta yang ada di Bali, pantai kuta Lombok tepatnya terletak di Desa Kuta, Kec Pujut, Kab Lombok Tengah NTB. Pantai kuta ini berada di selatan pulau Lombok, pantai kuta ini merupakan Wisata yang paling popular di pulau Lombok.

Pantai kuta Lombok ini terkenal dengan pantai yang unik dan berbeda dari pantai-pantai yang lain, keunikan pantai kuta ini terletak pada pasir pantainya, karena pasir pantai ini berwarna putih bersih dan bertekstur seperti butiran-butiran merica. Pasir pantai inilah yang membuat para wisatawan menjadikan pantai ini sebagai Wisata favorit.

Selain pasir pantai yang sangat unik, pantai kuta juga memiliki deretan bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi, dan bukit-bukit inilah yang membuat perpaduan dengan air laut yang biru jernih serta pasir pantai yang putih seperti butiran merica membuat pantai ini terlihat sangat sempurna, dan keindahannya sudah tidak bisa diragukan lagi.

Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang sangat jelas terlihat karena air lautnya sangat jernih, dan semua isi laut bisa Anda lihat secara lansung. Di pantai kuta ini terdapat 1 bukit yang paling terkenal yaitu Bukit Mandalika. Nama mandalika ini diambil dari cerita kuno masyarakat sekitar.

Pada zaman dahulu ada seorang putri yang bernama Putri Mandalika, Putri Mandalika ini sangat cantik dan berhati yang baik sehingga para pangeran menginginkannya sebagai permainsuri atau dijadikan sebagai istri, akan tetapi karena terlalu banyak yang memperebutkan dirinya akhirnya Putri Mandalika ini melompat dari atas bukit ini ke tengah laut.

Dan sampai sekarang bukit mandalika ini dijadikan sebagai tempat menikmati panorama pantai kuta dari ketinggian, dan semakin terlihat sempurna dan tidak diragukan lagi keindahannya. Anda dapat melihat pantai kuta yang terbentang indah dari ketinggian, dan bahkan Anda bisa melihat beragam jenis terumbu karang.

2. Desa Sade

Desa Sade ini terletak di Desa Rembitan, Kec Pujut, Kab Lombok Tengah NTB. Desa sade ini memiliki tradisi dan budaya yang sangat unik, desa sade ini berpenduduk asli suku sasak dan masih menganut ajaran nenek moyang pada zaman dahulu. Desa sade ini sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mengetahui tradisi masyarakat yang masih sangat tradisional.

Desa sade ini memiliki kepala keluarga sekitar 154 dan memiliki penduduk suku sasak asli pulau Lombok, dan sampai saat ini mereka masih berpegang teguh pada adat istiadat nenek moyang pada zaman dahulu. Demi menjaga tradisinya supaya lebih dekat dengan alam para penduduk desa sade membangun rumah sangat tradisional.

Rumah ini dibangun menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, dinding rumah ini berasal dari anyaman bambu, lantainya beralaskan tanah liat yang dicampur dengan kotoran sapi atau kerbau, dan atapnya terbuat dari ilalang. Rumah ini disebut dengan Bale Tani. Dalam bale tani ini pintu rumah terbuat lebih rendah supaya tamu lebih menghormati sang pemiliki rumah.

Ruangan depan atau bale luar rumah ini digunakan sebagai tempat untuk menyambut tamu dan sebagai tempat tidurnya laki-laki, sedangkan bale bagian dalam digunakan sebagai tempat tidurnya perempuan dan tempat melahirkan, untuk mencapai bale dalam ini harus menaiki 3 anak tangga, yang bermakna kehidupan yaitu dilahirkan, berkembang, dan kemudian meninggal.

Yang paling menarik dari desa sade ini adalah cara mengepel rumah harus menggunkan kotoran sapi atau kerbau, supaya debu tidak menempel di lantai. Tradisi unik yang masih dipertahankan sampai sekarang ini adalah Kawin Culik, yang dimana laki-laki ini datang kerumah perempuan untuk menculiknya tanpa sepengatuhan orang tua dari perempuan.

Setelah laki-laki ini mengungkapkan isi hatinya di depan orang tua perempuan barulah diadakan pernikahan, atau biasa disebut dengan nyongkolan. Dan setelah itu barulah mereka menempati sebuah rumah kecil sebagai tempat berbulan madu yaitu Bali Kodong. Selain itu di desa sade juga sering melakukan atraksi seperti Tari Presean atau Tari Gendang Beleq yang sering dikunjungi oleh para Turis-turis asing.

Ayo tunggu apalagi, segera berkunjung ke pulau Lombok dan nikmati semua keindahan Wisata budaya dan alam yang indah, yang tentunya sangat menarik untuk di jelajahi.

Suka Artikel Ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Komentar..