3 Tempat Kuliner Lombok Ini Suguhkan Cita Rasa Khas Pulau Lombok!

Pulau Lombok tak hanya suguhkan panorama alam yang memukau, di Lombok juga sudah terkenal dengan tempat kuliner Lombok yang bisa memanjakan lidah Anda ketika berkunjung ke Lombok, para wisata juga dibuat semakin senang dengan kelezatan makanan kuliner khas Lombok ini.

Ini dia tempat kuliner Lombok yang menyuguhkan cita rasa khas pulau Lombok.

1. Ayam Taliwang Lombok Khas Pak Udin

tempat kuliner lombok
Pict by manaberita.com

Ayam taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang wajib Anda coba, tempat kuliner Lombok yang paling populer ini memiliki cita rasa yang gurih dan lumayan pedas, selain itu ayam yang di gunakan untuk membuat ayam taliwang ini juga menggunakan ayam kampung yang masih muda, yang berumur sekitar 3 atau 4 bulan.

Tak bisa di pungkiri betapa empuk dan nikmatnya makanan kuliner yang satu ini. Di pulau Lombok ini memang terdapat cukup banyak tempat warung makan yang menjual ayam taliwang, akan tetapi di Lombok juga terdapat tempat warung ayam taliwang yang paling terkenal akan cita rasa khas pulau Lombok yaitu Ayam Taliwang Khas Pak Udin ini salah satunya.

Ayam taliwang khas pak udin ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang mengunjungi Lombok, terutama wisatawan yang berkunjung ke Kota Mataram. Walaupun rumah makan Pak Udin sangat sederhana, akan tetapi soal rasa tak bisa diragukan lagi, soal rasa bisa dibilang sang juara.

Sporsi ayam taliwang Pak Udin ini dibandrol dengan harga Rp28.000, bisa dibilang cukup murah sekali bukan ? tentu sangat murah dengan harga ayam taliwang lainnya, selain itu juga sudah tersedia Pelcing kankung dan terong bakar yang tak kalah nikmat dengan harga yang lebih murah lagi yaitu Rp5.000 saja per porsi, dan tentunya tidak menguras kantong Anda dong ya !

Warung makan pak udin ini terletak di Jl. Gelatik, No 2B Cakranegara, Cakranegara Barat, Kec Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Buka setiap hari mulai pukul 17-00 sampai dengan 12-00.

2. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

nasi balap lombok
Pict by tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Nasi balap puyung inak esun ini menjadi salah satu makanan populer masyarakat pulau Lombok. Makanan kuliner yang satu ini sangat disarankan untuk Anda coba cicipi, emang apa saja sih yang membuatnya begitu melegenda ? Yukk simak ulasan dibawah ini.

Kisah Perjalanan Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, tempat kuliner ini berdiri sejak tahun 1973. Pada awalnya Inaq Esun ini hanya menjual nasi bungkus yang dibungkus menggunakan daun pisang, isi lauknya adalah ayam pelecingan, dan serundeng yang biasanya disebut dengan Nasi Kaput Inaq Esun. Pada saat itu Inaq Esun ini menjual nasi ini di pasar dan di tukarkan dengan kebutuhan lainnya.

Akan tetapi lambat laun seiring berjalannya waktu, nasi bungkus Inaq Esun ini sudah mulai ramai dikenal oleh banyak orang, hingga menjadi langganan sopir angkot dan para pedagang lainnya. Dan akhirnya Nasi ini menjadi sangat populer terutama di Desa Puyung Lombok Tengah.

Pada tahun 1990 Inaq Esun mulai menjual makanan kuliner ini dirumahnya sendiri, dan karena kepopulerannya, banyak orang lain juga yang merasa terinspirasi untuk menjual nasi yang serupa ini, akan tetapi tetap saja Nasi Milik Inaq Esun yang selalu menjadi incaran semua orang walaupun tempatnya masih sangat tersembunyi.

Asal Usul Penamaan Nasi  Balap Puyung

Untuk penamaan yang sangat unik ini, nama Nasi Balap Puyung ini pada zaman dahulu ada seorang cucu dari Inaq Esun yang berpropesi jadi Pembalap lokal, dan disetiap kali dia menang balapan iya selalu mentraktir temannya di di warung milik neneknya ini , dan dari kejadian itulah nasi ini dinamakan Nasi Balap, sedangkan Puyung diambil dari Kampung Puyung Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Ciri Khas Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Jika Anda lihat dengan sekilas mata, menu makanan yang satu ini terlihat sangat sederhana, dalam satu porsinya biasanya akan disajikan nasi putih yang diberikan lauk berupa suwiran ayam dengan bumbu yang cukup pedas, kedelai goreng dan juga sambal yang sudah disajikan diatas daun pisang.

Makanan kuliner ini merupakan makanan kuliner yang cukup pedas, jadi bagi Anda yang suka akan makanan pedas sangat cocok untuk mencoba mencicipi makanan kuliner ini. citarasa nikmatnya terletak pada sambalnya yang terbuat dari cabai keriting dan kering khas Lombok. Rasa pedas inilah yang selalu menjadi incaran semua orang.

Nasi Puyung Inaq Esun ini bisa Anda temukan di Desa Puyung kec Jonggat Kab Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

3. Sate Rembiga Warung Utama

sate rembige - ayam taliwang
Pict by liputan6.com

Sate Rembiga merupakan salah satu ikon kuliner yang sangat populer di pulau Lombok. Sate Rembiga ini bercitarasa sangat lezat karena  dengan balutan aneka rempah-rempah khas Lombok. Nama Rembiga sendiri berasal dari nama sebuah kelurahan di Selaparang, Kota Mataram, Lombok.

Sate Rembiga ini disajikan dalam piring anyaman dengan alas daun pisang, di dalam piring ini tersedia 10 tusuk sate dengan warna cokelat kemerahan, dengan aroma yang sangat menggoda lidah. Sate Rembiga ini sangat enak dan selalu menjadi incaran para wisatawan, dagingnya sangat empuk karena menggunakan daging bagian dalam yang khas.

Bumbu kacang yang digunakan untuk membuat sate Rembiga ini juga menggunakan bahan-bahan seperti cabai merah, kemiri, terasi Lombok, dan gula merah. Karena direndam dengan bumbu dan rempah-rempah tentu bumbu ini meresap ke serat daging dan membuat daging ini juga terasa lebih empuk ketika bertemu mulut.

Tentu lontong pada sate ini juga sangat lembut dan terasa lebih gurih, jadi jangan kaget jika maknan kuliner ini selalu menjadi incaran semua orang. Anda bisa menemukan Sate Rembiga warung Utama ini di jl. Dr. Wahidin No 5, Lingkungan Dasan Lekong, Kelurahan Rembiga, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Yuk coba kunjungi tempat kuliner Lombok ini bersama Lombok Backpacker, ajak juga sahabat dan kerabat terdekat Anda untuk bersama-sama menikmati lezatnya makanan khas Lombok ini.

Suka Artikel Ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Komentar..