Oleh Oleh Khas Lombok Yang Menarik Wajib Anda Bawa Pulang!

Pulau Lombok memiliki segudang oleh oleh khas Lombok yang harus Anda bawa pulang sebagai oleh oleh. Mulai dari Cinderamata, makanan, minuman, kerajinan tangan yang tidak akan pernah Anda temukan di Pulau lain.

Jadi akan terasa tidak lengkap jika Anda berkunjung ke Lombok tanpa membeli oleh oleh khas Lombok.  Makanan atau minuman khas Lombok pasti memiliki rasa yang unik. Ini dia 7 oleh oleh khas Lombok yang harus Anda bawa pulang.

  1. Anyaman Ketak
Anyaman Ketak khas Lombok
Pict by wisatadilombok.com

Anyaman ketak ini terbuat dari taman liar khas Lombok. Serat dari tanaman ini kemudian di anyam oleh para pengrajin tangan yang sudah mahir, karena membuatnya bisa di bilang cukup rumit. Anyaman ketak ini bisa dibuat dalam bentuk tas wanita, gelas, tempat perhiasan wanita, hiasan rumah, dll.

Anda dapat menemukan anyaman ketak ini Desa Beleka Kec Praya Timur Kab Lombok Tengah. Di desa beleka ini Anda juga dapat melihat lansung pembuatan Anyaman ini dan bahkan Anda akan diajarkan lansung cara pembuatannya.

  • Kain tenun songket khas Lombok

Kain tenun songket ini adalah incaran para wisatawan. Kain tenun songket ini sangat popular dan selalu dicari-cari oleh wisatawan. Anda dapat menemukan kain tenun songket ini di Desa Sukarare Kec Pujut Kab Lombok Tengah.

Desa sukarare merupakan penghasil kain tenun terbesar di Pulau Lombok. Karena hamper seluruh wanita di desa sukarare menenun kain, dari yang kecil sampai orang tua karena keharusan baginya untuk bia menenun kain.

Dengan kain tenun songket ini Anda dapat berbusana dan bergaya dengan kain tenun khas Lombok ini. Harga kain tenun songket ini mulai dari 85.000.

  • Dodol Rumput Laut

Dodol di Lombok ini terbuat dari rumput laut. Dodol khas pulau Lombok ini memiliki warna yang bening dengan tekstur yang kenyal. Rasanya pun sangat manis. Jadi jika Anda berkunjung ke pulau Lombok jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Lombok ini.

Selain enak dodol ini juga memiliki banyak manfaat. Seperti menyeimbangkan berat badan dan membersihkan toksin dalam tubuh. Harga dodol inipun sangat murah dan pastinya tidak menguras isi dompet, harganya mulai dari 15.000.

  • Mutiara Lombok

Para pecinta fashion mungkin akan lansung jatuh cinta ketika melihat kilauan Mutiara ini. Mutiara ini lansung di budidayakan oleh masyarakat Lombok. Ada berbagai macam Mutiara yang tersedia. Mulai dari keemasan, putih, hitam, abu-abu dll.

Mutiara ini biasanya di ukir dalam bentuk kalung, cincin, gelang dan anting.

  • Abon Ikan Asin

Di Lombok Anda akan menemukan bahan abon Ikan asin yang sangat berbeda dari yang lainnya. Pasti dipikiran Anda yang terbayang hanya abon daging atau daging ayam. Tapi jangan salah pulau Lombok memang memiliki banyak kreasi salah satunya abon ikan asin ini.

Walaupun menggunakan ikan asin , akan tetapi abon ini tidak terlalu asin. Cita rasa abon ikan asin ini cukup gurih dan lumayan pedas jadi sangat cocok untuk dijadikan lauk. Abon ikan asin ini banyak mengandung protein.

  • Kacang Mete

Pulau Lombok terkenal dengan salah satu penghasil kacang mete terbesar di Indonesia. Biji kacang mete ini diolah dengan rempah-rempah alami khas Lombok sehingga terasa lebih gurih dan nikmat.

Kacang mete ini diolah dalam berbagai varian rasa seperti, pedas, madu, original, caramel, gurih dll. Kacang mete ini sangat cocok Anda jadikan oleh-oleh. Harganya mulai dari 30.000 saja.

Naahh ini dia oleh oleh khas Lombok yang paling popular. Yuukk segera liburan Lombok, dan jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Lombok. Tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Lombok yang sangat unik untuk dibawa pulang.

Suka Artikel Ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Komentar..