Ayam Bakar Taliwang Merupakan Pilihan Kuliner Yang Paling Tepat!

Makanan kuliner khas Lombok yang wajib anda cicipi adalah ayam bakar taliwang, makanan kuliner khas Lombok menjadi pelengkap bagi para wisatawan yang mengunjungi Wisata Lombok. Tak hanya Wisata alam yang disuguhkan oleh pulau Lombok, pulau Lombok juga terdapat makanan khas Lombok yang paling popular dan selalu menjadi incaran semua orang yang berkunjung ke Lombok. Ini dia ulasan mengenai ayam bakar taliwang yang paling tepat anda cicipi ketika liburan ke Lombok.

Ayam bakar taliwang Lombok merupakan salah satu makanan kuliner khas Lombok yang wajib anda coba ketika berkunjung ke pulau Lombok. Makanan kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan cukup pedas, selain itu ayam di gunakan untuk membuat ayam taliwang ini adalah ayam kampung yang baru beumur 3-4 bulan.

ayam bakar taliwang
Pict by manaberita.com

Ayam bakar taliwang ini selalu menjadi incaran semua orang karena kelezatannya, kelezatan ayam taliwang ini mampu membius para penyantap dan selalu ingin mencoba dan mencicipinya lagi. Jika anda mengunjungi pulau Lombok jangan sampai melewatkan kesempatan anda untuk mencoba mencicipi makanan khas Lombok yang satu ini.

Rasanya yang khas membuat semua orang ingin kembali mencicipinya, makanan yang satu ini sangat mudah anda jumpai ketika mengunjungi Lombok, karena sudah tersedia di berbagai penjuru pulau Lombok. Tak bisa di pungkiri lagi makanan kuliner yang satu ini memang selalu menggugah selera makan semua orang yang pernah mencicipinya.

Akan tetapi dibalik kelezatan ayam taliwang ini, memiliki sejarah mengapa dinamakan ayam taliwang, Banyak sekali para wisatawan yang penasaran akan nama sejarah nama ayam taliwang ini dan ingin mengetahui kenapa dinamakan ayam bakar taliwang Lombok. Anda penasaran ? Ini dia sejarah menagpa dinamakan ayam taliwang Lombok.

Hal ini dikarenakan karena olahan ayam ini pertama kali dibuat oleh orang yang berasal dari Karang Taliwang yang bertugas sebagai juru masak di Kerajaan taliwang. Karang taliwang ini merupakan sebuah wilayah yang terletak di Kecamatan Cagranegaram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggar Barat.  Selain itu, pada awalnya nama ayam taliwang ini adalah ayam pelalah.

Maksudnya adalah ayam yang di bumbui dengan rempah-rempah lalu setelah itu di bakar, dan rempah-rempah yang digunakan adalah rempah-rempah khas suku suku sasak yang senang dengan cita rasa pedas sehingga ayam pelalah ini identik dengan rasa yang pedas. Kemudian seiring berjalannya waktu, masyarakat menyebut makanan ini dengan sebutan Ayam taliwang dan membuatnya menjadi popular di seluruh penjuru Lombok karena kenikmatan dan kelezatannya.

Karena kelezatan ayam taliwang Lombok ini perselisihan antara 2 kerajaan pun usai, hal ini telah dibuktikan dengan berdamainya dua kerajaan yang telah berselisih, sangat hebat bukan ? memang efeknya tidak secara lansung membuat perselisihan menjadi damai dan aman, namun setidaknya Raja dan prajuritnya menyantap dengan lahap ayam taliwang ini dan setelah itu hatinya pun menjadi luluh.

Tak hanya itu, para pemuka agama dan juru kuda juga membantu proses negosiasi untuk menghentikan peperangan yang telah dilakukan dan banyak sekali memakan korban jiwa. Setelah mereka menyantap ayam taliwang mereka pun bisa bernegosiasi mereka berharap supaya segera menghentikan peperangan ini.  

Dan pada akhirnya berkat ketekunan semua pihak akhirnya Raja Karangasem memutuskan untuk berdamai dengan Raja selaparang dan segera meninggalkan  pulau Lombok. Naah ini dia asal usul nama ayam taliwang Lombok, jadi jangan heran jika makanan kuliner yang satu ini dinamakan demikian. Sesuai dengan orang yang pertama kali membuat ayam bakar ini berasal dari Karang taliwang maka ayam bakar khas Lombok ini dinamakan Ayam Taliwang.

Jika anda ingin mengetahui rahasia dibalik kelezatan ayam taliwang ini segera berkunjung ke pulau Lombok. Karena ayam taliwang Lombok ini begitu istimewa, karena menggunakan bahan-bahan khas Lombok seperti terasi Lombok, inilah yang membuatnya berbeda dari ayam bakar lainnya.

Suka Artikel Ini?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Komentar..